Sabtu, 12 Februari 2011

CARA MEMBUAT PROPOSAL PTK




1. Tulislah judul PTK yang diusulkan?
Apakah dengan metode eksperimen dan media model dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari pada kelas V SD Negeri 1 Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal?
Catatan :
Judul PTK hendaknya mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
ü Tujuan
ü Cara menyelesaikan masalah
ü tempat penelitian dilaksanakan

2. Deskripsi masalah yang dihadapi?

  • Pada pembelajaran IPA kelas V (lima) pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet), dengan Indikator Mendeskripsikan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari, dikatakan tidak berhasil dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil tes formatif , yang sebagian besar belum mencapai target ketuntasan yang diharapkan. Dari 26 siswa hanya 7 siswa yang mengalami ketuntasan (26,92 %). Pemahaman siswa terhadap materi gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sangat rendah sehingga tidak dapat menjawab pertanyaan guru. Selama kegiatan belajar mengajar perhatian sebagian siswa kurang terpusat pada materi yang disampaikan. Siswa kurang bersemangat atau bosan. Hal ini disebabkan oleh guru terlalu cepat dalam menjelaskan materi gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Alat peraga yang digunakan juga kurang menarik perhatian siswa. Penggunaan metode kurang sesuai dengan pembelajaran. Dengan melihat kenyataan tersebut maka peneliti melakukan usaha-usaha perbaikan pembelajaran dengan merubah metode yang lebih efektif dan penggunaan media model yang lebih variatif. oleh karena itu peneliti merumuskan masalah ”Apakah dengan metode eksperimen dan media model dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari pada kelas V SD Negeri 1 Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal?”

Catatan :
Masalah dideskripsikan dengan memuat hal-hal sebagai berikut :
ü Apakah deskripsi masalah telah disesuaikan dengan kondisi nyata?
ü Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu masalah yang mendesak atau segera dipecahkan?
ü Apakah deskripsi masalah telah memuat tentang analisa masalah?
ü Apakah deskripsi masalah telah memuat rumusan masalah?

3. Deskripsikan cara pemecahan masalah yang diajukan?
Berdasarkan hasil analisa di atas, maka perlu dilakukan tindakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA tentang gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu peneliti merencanakan perbaikan pambelajaran dari segi:

a. Penggunaan metode eksperimen.
  • Metode ini digunakan untuk memberi kesempatan pada siswa untuk melakukan suatu proses baik sendiri maupun kelompok. Melalui metode ini dapat dikembangkan ketrampilan siswa. Ketrampilan yang diharapkan adalah menemukan sesuatu dengan cara berlatih berulang –ulang yang dititik beratkan pada keaktifan siswa, sehingga pada akhirnya siswa dapat dan mampu menemukan sendiri kesimpulan yang diharapkan. Peranan guru membimbing dan mengarahkan siswa. Dengan metode ini siswa dituntut memperlihatkan suatu obyek atau proses dengan mengadakan percobaan .

1). Kelebihan Metode percobaan
  • a) Membantu siswa memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda. Memudahkan berbagai jenis penjelasan, sebab penggunaan bahasa dapat lebih terbatas.
  • b) Hal ini dengan sendirinya dapat mengurangi verbalisme pada siswa. Kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melalui pengamatan dari contoh konkret dengan menghadirkan objek sebenarnya atau model.

2). Kelemahan Metode percobaan
  • a). Siswa terkadang sulit dalam mencari benda yang akan dipergunakan untuk bahan percobaan.
  • b). Tidak semua benda dapat di gunakan untuk percobaan Siswa sulit mengambil kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan.
3). Langkah –langkah Penggunaan Metode eksperimen
  • a). Mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum percobaan dilaksanakan.
  • b). Periksalah dengan teliti apakah ala-alat yang telah tersedia sudah lengkap dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • c). Pelajarilah dengan seksama letak siswa yang melakukan percobaan, sehingga dapat focus pada materi percobaan.
  • d). Perhatikan juga kondisi-kondisi lain yang dapat mempengaruhi jalannya
  • percobaan seperti faktor tempat, atau ruangan.
  • e). Tulislah langkah-kangkah percobaan dalam garis besarnya di papan tulis , agar siswa didik lebih mudah mengikuti jalannya percobaan.
  • f). Tujuan percobaan hendaknya dijelaskan kepada siswa sehingga mereka dapat dipusatkan kepada hal-hal yang penting.
  • h). Jika percobaan telah selesai hendaknya diikuti dengan tindak lanjut. Tindak lanjut dapat berupa diskusi, guru menyiapkan lembar pengamatan.
  • i) Biasakan siswa membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
b. Media Model Dalam Pembelajaran IPA

1. Pengertian Media Pembelajaran
  • Ditinjau dari arti kata media adalah kata jamak dari medium yang berarti perantara atau pengantar terjadinya komunikasi. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakaan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu ( Arif S. Sudirman, 1990 : 34 ). Media sebagai alat bantu dalam proses belajar adalah kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, karena media dapat memperjelas dan mengatasi verbalisme pada diri siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

2. Fungsi media

Menurut Nana Sudjana (1991) merumuskan fungsi media pengajaran menjadi enam kategori :
  • 1). Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang    efektif.
  • 2). Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian integrasi dari situasi belajar.
  • 3). Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian integrasi dengan tujuan dan isi pembelajaran.
  • 4). Penggunaan media pembelajaran menarik perhatian siswa.
  • 5). Penggunaan media pembelajaran membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
  • 6). Penggunaan media pembelajaran mempertinggi mutu belajar mengajar.

a. Kreteria Media Pembelajaran

Menurut Nana Sudjana dan A. Rifa’i (1991) kreteria media pengajaran:
  • 1). Ketepatan dengan tujuan pengajaran
  • 2). Dukungan terhadap bahan pelajaran.
  • 3). Kemudahan memperoleh media.
  • 4). Ketrampilan guru dalam menggunakannya.
  • 5). Tersedianya waktu untuk menggunakannya.
  • 6). Sesuai dengan taraf berfikir siswa.

b. Pengertian Media Model

  • Media model adalah tiruan dari beberapa obyek nyata, seperti obyek yang terlalu besar, obyek yang terlalu jauh, obyek yang terlalu kecil, obyek yang terlalu mahal, obyek yang jarang ditemui, atau obyek yang terlalu rumit untuk dibawa ke dalam kelas dan sulit dipelajari siswa bila wujud aslinya (Udin S Winotoputra, 1997 : 5.13). Media model terdiri dari model padat, model penampang, model susun, model kerja, mock-up, dan diorama. Media yang digunakan peneliti pada materi IPA tentang gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari adalah media model padat. Media model padat adalah tiruan yang memperlihatkan bagian permukaan dari suatu obyek dan membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan utamanya, contohnya mobil-mobilan, jalan naik tajam dll.

Catatan :
Cara pemecahan masalah dideskripsikan dengan memuat hal-hal sebagai berikut :
ü Apakah ada alternatif pemecahan masalah?
ü Apakah alternatif pemecahan masalah itu didasarkan pada teori tertentu?
ü Apakah alternatif pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?

4. Rumuskan hasil yang diharapkan dari PTK?

Tujuan dari penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut:
  • 1. Mendiskripsikan metode eksperimen terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran.
  • 2. Mendiskripsikan dampak penggunaan metode eksperimen dan media model terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran.
  • 3. Untuk memberi ilustrasi bagi guru maupun praktisi pendidikan dalam peningkatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dikelolanya, khususnya pada pembelajaran IPA tentang gaya gesek serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Catatan :
Rumuskan hasil yang diharapkan dalam penelitian anda telah memuat hal-hal sebagai berikut :
ü Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian anda telah mengemukakan hasil yang diharapkan oleh peserta didik?
ü Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian anda telah mengemukakan hasil yang diharapkan oleh praktisi (Kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan lainnya di sekolah) ?

5. Kemukakan prosedur penelitian yang dilakukan ?

1. Subyek Penelitian
Perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 1 Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal Tahun pelajaran 2010 / 2011, mulai dua siklus yaitu:
¨ Siklus I
¨ Siklus II
2. Obyek Penelitian
  • Obyek penelitian pada mata pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar (KD)
  • Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet), dengan Indikator Mendeskripsikan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Karakteristik
     Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti laksanakan di kelas VI SD Negeri 1 Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal berjumlah 26 siswa terdiri dari :15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa berada di lingkungan pedesaan dengan sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani sehingga kurang perhatian dari orang tua dalam hal pendidikan.

4.  Diskripsi per Siklus
      Hasil dari ulangan harian diketemukan identifikasi masalah serta permasalahannya oleh peneliti, maka    disusun rencana perbaikan pembelajaran melalui siklus I dan II yang berupa skenario atau langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang terdiri dari rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

` Gebangan, 20 Oktober 2010


   Mengetahui                                                                                                                        Peneliti


......................                                                                                                                  ....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar